Latest News

Industri Di Kabupaten Batang

Fatchurrozak Fazani Di samping ada industri tepung tapioka, jgn lupa di Batang juga banyak induatri (rmh tangga) kerupuk (termasuk kerupuk usek/kerupuk goreng pasir) di kel. kasepuhan dan Proyonanggan utara. Di wilayah yg sama jg byk industri tahu.
Sedang di wilayah karangasem byk industri ikan fillet di samping ikan asin.
Dirin's Putra KElana Wisata belanja buah khas batang .
Terletak di sepanjang jalur pantura kec.kandeman-Ds.tulis kec.tulis . Lokasi yang sangat strategis .
IRT MELIA
keripik tempe, tahu, bayam, bongkrek, paru, pisang sale, telur blanak, peyek kacang
jl.yos sudarso gg.kapuas
Industri Di Kabupaten Batang
1. KERAJINAN KULIT
Sentral kerajinan kulit terletak di Desa Masin Kecamatan Warungasem. Produk kerajinan yang dihasilkan seperti dompet, ikat pinggang, sepatu, sandal dll. Mempunyai nilai jual sangat tinggi dan dapat sebagai usaha ekspor.
2. PEMBUATAN KERIPIK BUAH PISANG DAN NANGKA
Sumber daya alam untuk komoditas horticultura terutama buah-buahan cukup menonjol dengan kontinuitas ketersediaan suplai yang cukup baik. Dua jenis buah yang menonjol di Kabupaten Batang adalah nangka dan pisang yang dapat diolah antara lain dijadikan kripik buah.
3. PENGOLAHAN IKAN
Produksi Ikan hasil penangkapan laut di Kabupaten Batang cukup melimpah. Dari hasil tangkapannya sebagian besar untuk konsumsi dalam bentuk ikan segar. Untuk itu diperlukan diversifikasi produk atau pengolahan lebih lanjut agar mendapatkan nilai tambah produk.
4. TEPUNG TAPIOKA
Kabupaten Batang merupakan salah satu daerah sentral penghasilan singkong di Jawa Tengah. Hal ini ditujukan dengan luasnya areal tanah Wonotungal seluas 700 hektar. Pada dasarnya olahan singkong dalam industri dapat digolongkan menjadi tiga yaitu hasil fermentasi singkong (Tape.peuyem) singkong yang dikeringakan (Gaplek) dan tepung singkong atau tapioka. Tepung tapioka ini digunakan dalam industri makanan atau pakan ternak, dekstrin, glukosa (Gula). Semuanya mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan.
5. EMPING MELINJO
Kecamatan limpung dikenal sentral emping melinjo, oleh karena itu sangat cocok bila industri/emping lebih dikembangkan. Emping melinjo produk Limpung mempunyai kekhasan yaitu sangat tipis, tidak menggunakan bahan kimia, putih transparan dan sangat renyah setelah digoreng
6. PEMBUATAN BAK TRUK
Industri pembuatan bak truk sangat propektif untuk di kembangkan di Kabupaten Batang, terutama di Kecamatan Subah, karena usaha ini di dukung oleh ketersediaan tenaga kerja terampil yang cukup banyak.
7. GALANGAN KAPAL
Wilayah maritim indonesia yang sangat luas memerlukan kapal-kapal baik untuk pesiar maupun penangkapan ikan. Memenuhi kebutuhan itu industri galangan kapal Kabupaten Batang dengan di dukung tenaga-tenaga terampil sangat prospektif untuk di kembangkan.
8. PERUSAHAAN AMDK
Kabupaten Batang mempunyai banyak sumber mata air yang bisa di manfaatkan untuk diolah lebih lanjut menjadi air yang layak untuk di konsumsi masyarakat. Potensi bahan baku air ini menjadi aset yang menarik bagi para investor untuk memasuki bidang usaha ini. Daerah-daerah sumber mata air di Kabupaten Batang terdapat di Kecamatan Reban dan Kecamatan Blado dengan kapasitas debit air mencapai kurang lebih 444.000 meter kubik/tahun. Potensi sumber air tersebut masih bisa di tambah lagi karena daerah-daerah dataran tinggi yang ada di Kabupaten Batang sangat besar kemungkinannya memiliki sumber mata air yang belum dieksploitasi.

0 Response to "Industri Di Kabupaten Batang"